6 Juli 2012

Pempek Buah

Cara membuat pempek buah
oleh : Ita Apriani

DESKRIPSI PRODUK
Produk yang dipasarkan yaitu “pempek buah”, merupakan produk dengan inovasi baru berupa pempek berisi buah segar yang memiliki sensasi kelezatan yang berbeda dari pempek pada umumnya. Produk ini diharapkan akan mampu menarik minat masyarakat terutama peminat pempek. Rasa buah yang ditawarkan dalam produk ini bermacam-macam dengan tujuan membidik selera masyarakat yang berbeda-beda. Di samping itu, produk ini memiliki harga yang terjangkau dan diharapkan mampu membidik pasar di semua kalangan masyarakat. Harga dari pempek buah ini sama seperti pempek pada umumnya sehingga pempek buah memiliki daya saing yang cukup tinggi dengan inovasinya. Selain itu dengan rasanya yang unik pempek buah memberikan rasa yang berbeda dengan pempek biasanya.
Cara dan proses yang digunakan dalam pembuatan pempek buah ini hampir sama dengan cara dan proses pada pembuatan pempek pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat dalam penambahan bahan, yaitu buah yang menjadikannya berbeda dari pempek lainnya. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya adalah:
Bahan pempek:
~ ikan tenggiri
~ sagu
~ buah segar, seperti nanas, nangka, dll
~ pepaya muda
~ minyak goreng

~ air
~ garam
Bahan cuka:
~ cabai rawit merah
~ bawang putih
~ gula merah
~ ebi
~ kecap dan penyedap rasa
Dalam pembuatan pempek buah ini, komposisi ikan dan sagu yang digunakan yaitu 1 : 2, sehingga rasa ikan tenggiri yang kuat tidak akan terlalu dominan pada pempek ini yang menggunakan buah sebagai isinya.
Alat dan mesin yang digunakan:
~ panci
~ wajan
~ pengaduk
~ saringan
~ kompor
~ pisau
~ ulegkan
~ blender
PROSES PRODUKSI
a). Pembuatan pempek
Ikan tenggiri dibersihkan, buang kulitnya. Hanya diambil bagian dagingnya, campur dengan air es dan garam, lalu blender. Setelah itu, uleni dengan sagu sampai rata. Perbandingan antara daging ikan dan sagu yang dicampur yaitu 1:2.
Ambil adonan secukupnya untuk diisi dengan buah segar yang telah dikupas dan dibuang bijinya. Bentuk berbeda-beda sesuai isi buahnya agar mudah membedakan rasanya, lalu masukkan kedalam air yang sudah mendidih, rebus hingga matang. Setelah matang, angkat/ saring pempek, dinginkan, siap digoreng.
b.) Pembuatan cuka
Semua bahan kuah dihaluskan, kecuali penyedap rasa dan kecap. Kemudian didihkan, campurkan kecap dan penyedap rasa.
c.) Penyajian
            Pempek yang sudah jadi diberi kuah dan diberi potongan mentimun dan mie. Pempek siap dipasarkan.
PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN

Segmentasi, Targetting, dan Positioning (STP)
Segmentasi : Dalam pemasaran produk pempek ini, segmen pasarnya adalah mahasiswa dan dosen.
Targetting : Target pemasaran adalah memperluas pasar agar produk ini bisa terdistribusi ke semua kalangan dengan segmen pasar yang dipilih adalah mahasiswa IPB.
Positioning : “ Rasanya bikin nagih!! “

Artinya mencoba menarik konsumen agar mengkonsumsi produk pempek buah secara terus menerus.

Bauran Pemasaran (4P)

Price           : Rp 5000,00 per porsi
Product      : pempek dengan isi buah
Place          : pemasaran dilakukan di stand koridor FEMA IPB

Promotion : promosi dilakukan dengan memberikan tester, promosi dari mulut ke mulut, melalui banner dan mengikuti bazzar.

ANGGARAN
Anggaran yang ditetapkan dalam proses produksi pempek buah ini adalah sebesar Rp. 5.500.000,-. Dana anggaran yang diperoleh merupakan penerimaan dari DIKTI. Dana tersebut kemudian digunakan sebagai modal awal dalam memproduksi pempek buah.
LAPORAN KEUANGAN
1.      PENERIMAAN DIKTI
·         Tahap 1: Rp. 1.500.000,-
·         Tahap 2: Rp. 4.050.000,- +
Total       Rp. 5.500.000,-


2.      PENGELUARAN
·         Biaya Kesekretariatan               Rp. 229.000,
·         Biaya Investasi                          Rp. 995.000,-
·         Biaya Promosi                           Rp. 200.000,-
·         Biaya Tetap                               Rp. 568.000,-
·         Biaya Bazzar FEMA 2011        Rp. 885.800,-
·         Biaya Pameran PKM 2011        Rp. 436.000,- +

                                                   Rp. 3.314.900

HASIL PENJUALAN
Adapun hasil penjualan yang didapat dari penjualan pempek buah tersebut kurang lebih sebesar Rp.2.000.000,- dalam sebulan.
KESIMPULAN
Dari hasil pemasaran yang dilakukan, tujuan untuk memasarkan produk dengan inovasi baru berupa pempek isi buah yang memiliki sensasi kelezatan berbeda dari pempek pada umumnya telah tercapai. Pembuatan pempek buah dengan resep yang diinovasikan dalam banyak rasa, membuat banyak konsumen menyukainya. Rasa yang enak dan manis dari pempek tersebut membuat konsumen penasaran dan ingin membelinya.
Selain itu, dari segi harga yang ditetapkan juga masih terjangkau oleh mahasiswa pada khususnya yang menjadi terget pasar. Hal ini karena harga yang diberikan oleh produsen pempek buah sama dengan harga pempek yang dijual pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan dan kesan terbaikmu