Cara membuat pempek buah
oleh : Ita Apriani
DESKRIPSI PRODUK
Produk yang dipasarkan yaitu
“pempek buah”, merupakan produk dengan inovasi baru berupa pempek berisi buah
segar yang memiliki sensasi kelezatan yang berbeda dari pempek pada umumnya.
Produk ini diharapkan akan mampu menarik minat masyarakat terutama peminat
pempek. Rasa buah yang ditawarkan dalam produk ini bermacam-macam dengan tujuan
membidik selera masyarakat yang berbeda-beda. Di samping itu, produk ini
memiliki harga yang terjangkau dan diharapkan mampu membidik pasar di semua
kalangan masyarakat. Harga dari pempek buah ini sama seperti pempek pada umumnya
sehingga pempek buah memiliki daya saing yang cukup tinggi dengan inovasinya.
Selain itu dengan rasanya yang unik pempek buah memberikan rasa yang berbeda
dengan pempek biasanya.
Cara dan proses yang digunakan
dalam pembuatan pempek buah ini hampir sama dengan cara dan proses pada
pembuatan pempek pada umumnya. Perbedaannya hanya terdapat dalam penambahan
bahan, yaitu buah yang menjadikannya berbeda dari pempek lainnya. Adapun
bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya adalah:
Bahan pempek:
~ ikan tenggiri
~ sagu
~ buah segar, seperti nanas,
nangka, dll
~ pepaya muda
~ minyak goreng
~ air
~ garam
Bahan cuka:
~ cabai rawit merah
~ bawang putih
~ gula merah
~ ebi
~ kecap dan penyedap rasa
Dalam pembuatan pempek buah ini,
komposisi ikan dan sagu yang digunakan yaitu 1 : 2, sehingga rasa ikan
tenggiri yang kuat tidak akan terlalu dominan pada pempek ini yang menggunakan
buah sebagai isinya.
Alat dan mesin yang digunakan:
~ panci
~ wajan
~ pengaduk
~ saringan
~ kompor
~ pisau
~ ulegkan
~ blender
PROSES PRODUKSI
a). Pembuatan pempek
Ikan tenggiri dibersihkan, buang
kulitnya. Hanya diambil bagian dagingnya, campur dengan air es dan garam, lalu
blender. Setelah itu, uleni dengan sagu sampai rata. Perbandingan antara daging
ikan dan sagu yang dicampur yaitu 1:2.
Ambil adonan secukupnya untuk diisi
dengan buah segar yang telah dikupas dan dibuang bijinya. Bentuk berbeda-beda
sesuai isi buahnya agar mudah membedakan rasanya, lalu masukkan kedalam air
yang sudah mendidih, rebus hingga matang. Setelah matang, angkat/ saring
pempek, dinginkan, siap digoreng.
b.) Pembuatan cuka
Semua bahan kuah dihaluskan,
kecuali penyedap rasa dan kecap. Kemudian didihkan, campurkan kecap dan
penyedap rasa.
c.) Penyajian
Pempek
yang sudah jadi diberi kuah dan diberi potongan mentimun dan mie. Pempek siap
dipasarkan.
PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN
Segmentasi, Targetting, dan Positioning (STP)
Segmentasi : Dalam pemasaran produk pempek ini,
segmen pasarnya adalah mahasiswa dan dosen.
Targetting : Target pemasaran adalah memperluas
pasar agar produk ini bisa terdistribusi ke semua kalangan dengan segmen pasar
yang dipilih adalah mahasiswa IPB.
Positioning : “ Rasanya bikin nagih!! “
Artinya mencoba menarik konsumen agar mengkonsumsi
produk pempek buah secara terus menerus.
Bauran Pemasaran (4P)
Price : Rp 5000,00 per porsi
Product :
pempek dengan isi buah
Place
: pemasaran dilakukan di stand koridor FEMA IPB
Promotion : promosi dilakukan dengan memberikan
tester, promosi dari mulut ke mulut, melalui banner dan mengikuti bazzar.
ANGGARAN
Anggaran yang ditetapkan dalam
proses produksi pempek buah ini adalah sebesar Rp. 5.500.000,-. Dana anggaran yang
diperoleh merupakan penerimaan dari DIKTI. Dana tersebut kemudian digunakan
sebagai modal awal dalam memproduksi pempek buah.
LAPORAN KEUANGAN
1. PENERIMAAN
DIKTI
·
Tahap 1: Rp.
1.500.000,-
·
Tahap 2: Rp.
4.050.000,- +
Total Rp. 5.500.000,-
2.
PENGELUARAN
·
Biaya
Kesekretariatan Rp. 229.000,
·
Biaya Investasi Rp. 995.000,-
·
Biaya Promosi Rp. 200.000,-
·
Biaya Tetap Rp. 568.000,-
·
Biaya Bazzar FEMA
2011 Rp. 885.800,-
·
Biaya Pameran PKM
2011 Rp. 436.000,- +
Rp. 3.314.900
HASIL PENJUALAN
Adapun hasil penjualan yang didapat
dari penjualan pempek buah tersebut kurang lebih sebesar Rp.2.000.000,- dalam
sebulan.
KESIMPULAN
Dari hasil pemasaran yang
dilakukan, tujuan untuk memasarkan produk dengan inovasi baru berupa pempek isi
buah yang memiliki sensasi kelezatan berbeda dari pempek pada umumnya telah
tercapai. Pembuatan pempek buah dengan resep yang diinovasikan dalam banyak
rasa, membuat banyak konsumen menyukainya. Rasa yang enak dan manis dari pempek
tersebut membuat konsumen penasaran dan ingin membelinya.
Selain itu, dari segi
harga yang ditetapkan juga masih terjangkau oleh mahasiswa pada khususnya yang
menjadi terget pasar. Hal ini karena harga yang diberikan oleh produsen pempek
buah sama dengan harga pempek yang dijual pada umumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan tinggalkan pesan dan kesan terbaikmu